DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN SIMBOL ANGKA BAHASA INGGRIS ANAK MENGGUNAKAN MODEL CRITICAL THINKING DENGAN MEDIA NUMBER BOX PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL 36 BANJARMASIN
PENGARANG:TASYA AMELIA RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


Permasalahan penelitian ini adalah anak tidak terlibat aktif, asik bermain dikarenakan bosan, anak sulit tertarik dan fokus berdampak rendahnya kemampuan anak untuk menyebutkan simbol angka bahasa inggris indikator capaian perkembangannya mengenal simbol-simbol angka bahasa inggris pada Kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 36 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan yaitu melalui kombinasi model Critical Thinking dan media number box. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan bahasa anak. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 36 Banjarmasin Tahun ajaran 2022/2023, jumlah anak sebanyak 18 orang. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar aktivitas guru, aktivitas anak dan lembar hasil capaian perkembangan serta rubrik penilaian. Disarankan bagi guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I dan pertemuan II mencapai kriteria  baik serta pada pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria tidak aktif, pertemuan II dan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasal klasikal hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai 11%, pertemuan II mencapai 78% dan pertemuan III mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Critical Thinking dengan media Number Box dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan bagi guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI