DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA GURU DAN IKLIM KERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Emelia Yulita
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


Kinerja adalah hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakantugas yang telah ditetapkandan dilakukan dengan tepat sesuai waktu yang telahditentukan yang dipengaruhi oleh kemampuan, keterampilan, dan lingkungan ataulatarbelakang.Faktoryangmemperngaruhikinerjaguruantaralain:kepemimpinankepala sekolah, motivasi kerja guru dan iklim kerja guru. Tujuan penelitian iniuntuk menganalisis hubungan kepemimpinan situasional kepala sekolah dengankinerja guru melalui motivasi kerja dan iklim kerja guru SMK Negeri di KotaBanjarmasin.

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah guru SMKNegeri di kota Banjarmasin yang sudah sertifikasi denga n jumlah guru 296 orang,danukuransampelditentukandenganteknikproporsionalrandomsamplingsebanyak 170 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yangdisebarluaskanmelaluikuisionerdangoogleform.Pengujianinstrumenmenggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakandeskripsi data, analisis jalur, trimming,uji normalitas, uji multikolinearitas, ujiheteroskedastisitas.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganantara:(1)kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) kepemimpinansituasioanalkepalasekolahdenganmotivasikerjaguru,(3kepemimpinansituasioanal kepala sekolah dengan iklim kerja, (4) motivasi kerja dengan kinerjaguru, (5) iklim kerja dengan kinerja guru, (6) kepemimpinan situasional kepalasekolahdengankinerjagurumelaluimotivasikerja,(7)kepemimpinansituasioanalkepalasekolah dengan kinerjagurumelalui iklimkerja.

Berdasarkanhasildaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwaempatvariabeldalampenelitianinimenunjukkanhasilyangbaik.Daripenelitianinidapatdisarankan beberapa hal seperti: (1) Kepala sekolah membantu para guru untukmeningkatkankinerjamelaluigayakepemimpinanyangsesuai,memberikanmotivasidanmemperhatikaniklimkerja,(2)paragurudiharapkanuntukmeningkatkan kinerja, (3) peneliti yang lain dapat meneliti hal ini di sekolahlainnya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI