DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN “TERJEBAK KOPI”
PENGARANG:ANITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


Pola Konsumsi mengubah masyarakat dan prospek industri makanan dan minuman dapat menyebabkan munculnya perusahaan di industri makanan dan minuman semakin kompetitif. Budaya baru meminum kopi membuat bisnis kedai kopi menjadi salah satu pilihan usaha yang sangat menjanjikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung atau tidak langsung variabel marketing public relations dan brand image terhadap loyalitas pelanggan “Terjebak Kopi”. Menggunakan metode penarikan contoh non probability sampling dengan jumlah sample yaitu sebesar 100responden. Analisis data yang dipakai yaitu Structural Equation Modeling (SEM) melalui program IBM SPSS AMOS 24. Adapun hasil dalam penelitian menyatakan : 1) Marketing public relation tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut hanya mampu menarik pelanggan pada saat kegiatan dilaksanakan saja, bukan dalam jangka panjang. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan cenderung akan mengembangkan keterikatan emosional mereka terhadap merek yang mereka anggap positif, sehingga dapat dikatakan bahwa Terjebak Kopi mampu menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. 3) Ada pengaruh secara tidak langsung antara marketing public relations terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variable intervening. Kegiatan marketing public relationsdapatdikatakan mampumembentuk rasa puas pada pelanggan sehingga akhirnya loyal terhadap Terjebak Kopi. 4) Tidak terdapatpengaruh secara  tidak langsung yang signifikan antara brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Citra yang dimiliki oleh Terjebak Kopi masih belum memadai untuk memenuhi kepuasan pelanggan sepenuhnyahingga pada akhirnya memutuskan loyal terhadap Terjebak Kopi. Disarankan bagi Terjebak Kopi agar meningkatkan lebih kegiatan marketing public relations serta kepuasan pelanggan. Selain itu bagi Terjebak Kopi agar dapat meningkatkan interaksi dengan masyarakat dengan kegiatan marketing public relations yang berbeda dari sebelumnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI