DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspek Kognitif Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Kombinasi Model PjBL, NHT dan Media HEELIN Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38 Banjarmasin
PENGARANG:NUR QOMARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-18


ABSTRAK

Qomariah, Nur. 2023. Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspek Kognitif Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Kombinasi Model PjBL, NHT, dan Media Heelin Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: Pembimbing Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Kognitif, Mengenal Huruf Hijaiyah, Project Based Learning, Numbered Head Together, Media Heelin

Permasalahan dalam penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi, aktivitas dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam hal mengenal huruf hijaiyah. Penyebab dari permasalahan yaitu pembelajaran tidak bermakna, pembelajaran bersifat satu arah, dan pembelajaran yang abstrak. Solusinya yaitu menggunakan kombinasi model Project Based Learning, Numbered Head Together, dan media Heelin. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis motivasi, aktivitas dan hasil perkembangan kognitif anak dalam hal mengenal huruf hijaiyah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38 Banjarmasin yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif menggunakan tabel dan grafik. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor 26-32 dengan kategori “Sangat Baik”. Motivasi belajar anak secara klasikal dengan persentase ≥80% “Sebagian besar anak termotivasi”. Aktivitas anak secara klasikal dengan persentase ≥80% “Sebagian besar anak aktif”. Dan hasil perkembangan secara klasikal ≥80% anak berhasil berkembang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 3 aktivitas guru telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran dengan skor 30 kategori “Sangat Baik”. Untuk motivasi telah mencapai indikator pada pertemuan 3 dengan persentase 89% kategori “Hampir Seluruh Anak Termotivasi’, aktivitas anak telah mencapai indikator pada pertemuan 3 dengan persentase 89% dengan kategori “Hampir Seluruh Anak Aktif” dan aspek kognitif telah mencapai indikator pada pertemuan 3 dengan persentase 83% anak berhasil mendapatkan kategori BSB dan BSH.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan kombinasi model Project Based Learning, Numbered Head Together, dan media Heelin telah melaksanakan sesuai langkah-langkah dan memberikan peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam hal mengenal huruf hijaiyah. Disarankan bagi guru sebagai salah satu alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran, bagi kepala sekolah sebagai salah satu alternatif dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada semua guru, dan bagi peneliti selanjutnya untuk mengoptimalkan kegiatan pada langkah-langkah dan dapat memanajemen waktu sehingga penelitian dapat berjalan dengan maksimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI