DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL SISWA YANG MENGALAMI KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA DI SMP NEGERI 1 ANJIR MUARA
PENGARANG:SHERLY VERLITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-19


Sherly Verlita. 2023.Gambaran Interaksi Sosial Siswa yang Mengalami Kecenderungan Nomophobia Di SMP Negeri 1 Anjir Muara. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd. (II) Muhammad Arsyad, M.Psi, Psikolog.

 

Kata Kunci : Interaksi Sosial, Kecenderungan Nomophobia, Siswa 

 

 Ketergantungan terhadap smartphone membuat remaja abai terhadap lingkungan dan menyebabkan kurangnya interaksi sosial secara langsung dan terkadang kecanduan smartphone membuat remaja mengarah pada kecenderungan Nomophobia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan interaksi sosial siswa yang mengalami kecenderungan Nomophobia Di SMP Negeri 1 Anjir Muara.

 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang informan. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi oleh Milles dan Huberman.

 Hasil penelitian ditemukan bahwa interaksi sosial secara tatap muka pada siswa yang mengalami kecenderungan Nomophobia terbilang kurang baik, karena siswa hanya berfokus pada penggunaan smartphone dan cenderung mengabaikan lingkungan sekitar. Kecendrungan Nomophobia menyebabkan seseorang merasa cemas, gelisah dan takut ketika tidak dapat menggunakan smartphone dalam waktu yang lama sehingga tidak bisa fokus dan juga mengganggu aktivitas lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI