DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Rumah Swadaya Di Kelurahan Baamang Hilir Kabupaten Kotawaringin Timur
PENGARANG:LILIS SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-20


Lilis Susanti (1910411120002), 2023. Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Rumah Swadaya Di Kelurahan Baamang Hilir Kabupaten Kotawaringin Timur. Di Bawah Bimbingan Bapak Nurul Azkar.

Pada tahun 2022 telah dilaksanakan program Bantuan Rumah Swadaya di Kelurahan Baamang Hilir Kabupaten Kotawaringin Timur. Penelitian ini bertujutan mengetahui efektivitas program beserta faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data diolah menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles dan Hubermans.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Bantuan Rumah Swadaya di Kelurahan Baamang Hilir belum sepenuhnya efektif. Dilihat dari 5 (lima) indikator efektivitas program, terdapat hambatan pada beberapa indikator, yakni (1) kekurangan ketepatan waktu pelaksanaan program perbaikan rumah akibat keterlambatan pengiriman bahan/kayu bangunan; (2) tercapainya tujuan program berupa perbaikan atas rumah yang tidak layak huni, namun belum dapat menjangkau keseluruhan masyarakat berpenghasilan rendah; dan (3) secara fisik telah memberikan perubahan nyata berupa terbangunnya rumah yang layak huni, akan tetapi belum memberikan perubahan kualitas hidup yang lebih baik. Sementara kedua indikator lainnya sudah terpenuhi, yakni seluruh penerima bantuan memahami maksud dan tujuan program; dan penerima bantuan yang tepat, yaitu masyarakat berpenghasilan rendah. 

Masalah lain yang ditemui ketika program berjalan adalah terjadinya perubahan nama warga penerima bantuan dari usulan sebelumnya dan munculnya keinginan seluruh masyarakat berpenghasilan rendah di Kelurahan Baamang Hilir mendapatkan program serupa.

Kata Kunci: Efektivitas, Program, Bantuan Rumah Swadaya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI