DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Bahan Ajar Gelombang Mekanik Menggunakan Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik
PENGARANG:NORMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-20


Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan yang ada pada pembelajaran fisika. Namun, keterampilan tersebut kurang dilatihkan di sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar gelombang mekanik menggunakan pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test post-test design pada 28 peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Alalak. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan tes pemecahan masalah pre-test-post-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar termasuk valid karena hasil validasi RPP, materi ajar, LKPD berkategori sangat baik dan validasi TPM berkategori baik; (2) bahan ajar termasuk praktis karena respon peserta didik memenuhi kategori praktis; dan (3) bahan ajar yang dikembangkan juga termasuk efektif karena N-gain TPM sebesar 0,83 berkategori tinggi. Dengan demikian, bahan ajar gelombang mekanik menggunakan pengajaran langsung layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI