DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDAMPINGAN GURU PEMBIMBING KHUSUS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR ALAM MUHAMMADIYAH BANJARBARU PADA MASA PANDEMI COVID 19
PENGARANG:WALILAH AKBAR MAGHRIBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-21


Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendampingan terhadap anak berkebutuhan khusus serta kendala yang di alami oleh guru pembimbing khusus selama pembelajaran di masa pandemi Covid 19, media yang digunakan saat pendampingan, evaluasi pembelajaran, dan solusi yang diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan tentang pendampingan Guru Pembimbing Khusus bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pembimbing khusus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru. Analisis data dalam penelitian ini yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukjan bahwa pendampingan Guru Pembimbing Khusus bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru ini diterapkan dengan baik. Pendampingan dilakukan secara luring dan daring. Untuk penunjang pendampingan pembelajaran menggunakan media internet berupa youtube berisi video animasi, bisa lewat aplikasi Whatssupp Clasroom dan Meet sedangkan luring menggunakan benda sekitar dan benda konkrit yang menyesuaikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, seperti permainan edukasi berupa lego , sempoa , kalkulator, steak es krim, kipas angin, papan tulis, gambar dan sebagainya.Pendampingan terbantu dengan Evaluasi yang di lakukan ketika yaitu habis pergantian materi pembelajaran. Kendala dalam pendampingan yaitu , diantaranya guru pembimbing khusus kesulitan dalam mengukur kemampuan anak yang sebenarnya sehingga penilaian yang dilakukan kurang objektif. Solusi pendampingan yang diterapkan . Guru pembimbing khusus menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua , dan memberikan saran agar dapat melakukan pendampingan dengan baik.

Kata Kunci: Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus, Pandemi Covid 19

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI