DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2018 PENGGUNA SMARTPHONE DI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:INTAN NIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-22


Intan Nika. 2023. Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2018 Pengguna Smartphone Fkip Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd. (II) M. Arsyad, M.Psi, Psikolog.

Kata Kunci : Dampak penggunaan smartphone, komunikasi interpersonal, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Pertumbuhan kemajuan teknologi di era industri 4.0 sangat pesat dan sistem pembelajaran saat ini pun di dukung oleh kemajuan teknologi salah satunya mengenai keberadaan smartphone. Teknologi dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi interpersonal di kampus, karena penggunaan yang sangat rutin mengakibatkan para mahasiswa mengalami kendala dalam komunikasi interpersonal dengan teman lainnya. Perilaku seperti ini jika terus menerus dibiarkan akan mengganggu karakter dan berdampak pada kehidupan dirinya sendiri. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang informan. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi oleh Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal secara tatap muka yang terjadi pada siswa di Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 FKIP Universitas Lambung yang mengalami dampak penggunaan smartphone kurang baik, hal ini karena mereka hanya berfokus pada penggunaan smartphone dan cenderung mengabaikan lingkungan sekitar.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI