DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS IDENTIFIKASI PERILAKU DISIPLIN BELAJAR PADA MAHASISWA FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:FEBIYANA NUR ALIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-22


Disiplin belajar merupakan suatu sikap atau perilaku yang terbentuk dari aturan-aturan yang tertulis maupun tidak tertulis untuk diterapkan kepada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat perilaku disiplin belajar dan mendeskripsikan perilaku disiplin belajar pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin. 

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 dari 5 prodi, yaitu Pendidikan IPA, IPS, Geografi, PGPAUD dan Bimbingan konseling FKIP ULM Banjarmasin berjumlah 176 mahasiswa yang sudah ditentukan dengan rumus slovin. Pengumpulan data  menggunakan instrumen angket perilaku disiplin belajar dengan skala likert yang berjumlah 49 item valid. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa perilaku disiplin belajar pada mahasiswa angkatan 2021 dari 5 prodi FKIP ULM Banjarmasin tergolong pada kategori tinggi dengan jumlah 101 atau 57%, pada aspek kepatuhan dalam mengikuti proses belajar mengajar memiliki kategori tinggi dengan jumlah 120 atau 68%, pada aspek kepatuhan pada tata tertib kampus memiliki kategori tinggi dengan 123 atau 70%, dan pada aspek ketaatan pada jam belajar memiliki kategori sedang dengan 108 atau 62%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan perilaku disiplin belajar pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin khususnya angkatan 2021 termasuk pada kategori tinggi, ditinjau dari berbagai aspek disiplin belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI