DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAKU (KAMUS SAKU) DALAM MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA SISWA TUNARUNGU KELAS 5 DI SLB NEGERI 2 MARTAPURA
PENGARANG:SYAM RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-23


Anak tunarungu mengalami gangguan pendengaran sehingga memilikihambatan dalam perkembangan bahasa dan komunikasi. Sebagai akibatnya, anak mengalami kesulitan untuk menguasai bahasa, miskin kosakata, sulitmengartikan kosakata, sulit mengartikan kata-kata abstrak, dan sulitmengartikan kata-kata yang mengandung arti kiasan. Sehingga dalam pembelajarannya membutuhkan media pembelajaran yang dapat menjembatani antara penerima pesan (peserta didik) dan sumber pesan (guru) agar terjadi komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media KAKU (Kamus Saku) dalam meningkatkan perbendaharaan kata siswa tunarungu kelas 5 SLB Negeri 2 Martapura.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain penelitian pre exprimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sumber data berjumlah 4 orang siswa tunarungu kelas 5 SLB Negeri 2 Martapura. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata anak tunarungu dapat meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata yang meningkat. Terlihat pada hasil tiap subjek, nilai rata-rata pada saat pre test sebesar 57 sedangkan pada saat post testsebesar 93. Sehingga terdapat pengaruh media kamus saku terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas 5 di SLB Negeri 2 Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI