DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL),MIND MAPPING DAN TALKING STICK MUATAN IPS PADA SISWA KELAS IV DI SDN AMBAKIANG KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:SAIDATIN HALIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-24


Permasalahan dalam penelitian yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Ambakiang Kabupaten Balangan Muatan IPS.

Penyebabnya (1) siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran, (2) siswa takut mengungkapkan pendapat, dan (3) pembelajaran yang kurang menarik dan siswa menjadi bosan. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Talking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPS pada Tema Cita-citaku kelas IV di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ambakiang Kabupaten Balangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 10 orang, terdiri dari 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Model Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPS pada Tema Cita-citaku kelas IV di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ambakiang Kabupaten Balangan. Hal ini terlihat pada pertemuan 4 menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 36 dengan kategori sangat baik. Aktivitas Siswa memperoleh skor 90% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar memperoleh skor 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI