DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE PROJECT INVESTIGATION DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1
PENGARANG:NAZIRA SAIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-24


Sa’ida, Nazira. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Model Picture Project Investigation di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metamorfosis Hewan, Project Based Learning, Group Investigation, Picture and Picture

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, komunikasi antar siswa maupun juga dengan guru masih kurang. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan model Project Based Learning, Group Investigation, dan Picture and Picture. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Metamorfosis Hewan di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 18 orang tahun ajaran 2022/2023. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran, serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan dari skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

Hasil belajar menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Project Based Learning, Group Investigation, dan Picture and Picture pada pertemuan tiga menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 39 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa memperoleh angka 89.00% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapat nilai klasikal dengan angka 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning, Group Investigation, dan Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi metamorphosis hewan siswa kelas IV SD Muhammdiyah 1 Banjarmaisn. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu penggunaan model tersebut dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi metamorphosis hewan, atau pada materi pembelajaran lainnya yang cocok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI