DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Usaha Kolam Ikan Di Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:MUHAMMAD HADI NUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-25


ABSTRAK

 

M. Hadi Nur. 2022. Aktivitas Usaha Kolam Ikan di Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M. Pd dan pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy M. Pd.

Usaha budidaya kolam ikan merupakan suatu usaha yang sangat menguntungkan untuk digeluti, merupakan salah satu faktor pendukung untuk kemajuan usaha pembudidaya ikan yang tepat untuk dikembangkan yang mana dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan hidup masyarakat, memiliki tujuan berupa meningkatkan produksi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum memberikan kontribusi nyata dalam ketahanan pangan, mengelola sumberdaya perikanan yang lebih baik didorong untuk meningkatkan pendapatan serta kualitas dan kuantitas produksi perikanan terkait aktivitas usaha kolam ikan dengan sumber belajar IPS. Tujuan penelitian yaitu 1). Mendeskripsikan bagaimana aktivitas usaha kolam ikan di Kelurahan Banua Anyar, 2). Mendeskripsikan bagaimana aktivitas usaha kolam ikan di Kelurahan Banua Anyar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berupaya mendeskripsikan aktivitas usaha kolam ikan. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi di Kelurahan Banua Anyar, wawancara dilakukan dengan pemilik kolam ikan Kelurahan Banua Anyar khusus RT 01 yaitu H. M. Nabhan, H. Sukirno, Arfian, H. Aman, dan dokumentasi . Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Menguji keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, member checks, triangulasi. Pada triangulasi yaitu yang digunakan triangulasi (sumber, teknik, dan waktu).

Hasil penelitian terdapat 1). Aktivitas usaha kolam ikan pertama kali dibangun oleh H. Sukirno pada tahun 2016 di Kelurahan Banua Anyar, masyarakat banyak yang mengikuti usaha kolam ikan tersebut seperti H. M. Nabhan, H. Aman, Arfian, karena usaha kolam ikan mudah untuk dikembangkan dan resikonya tidak terlalu tinggi, kemudian pemilik usaha kolam ikan melakukan aktivitas yang dimulai dari pembibitan, pemeliharaan, sampai panen. Produksi usaha kolam ikan dan didistribusikan melalui distributor menuju ke pasar atau dijual belikan ke luar Kota Banjarmasin hingga menuju konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidup. 2). Aktivitas usaha kolam ikan dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang kontekstual dapat diimplementasikan dengan materi kegiatan ekonomi yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi SMP kelas VII. Pemanfaatan tersebut membuat peserta didik akan lebih mudah dalam memahami pembelajaran.

 

Kata Kunci: Usaha kolam ikan, Aktivitas ekonomi, Sumber belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI