DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK PRODUK PAKAN TERNAK BERBASIS MODEL SCOR (Supply Chain Operations Reference) DAN AHP (Analitical Hierarchy Process) (Studi Kasus Pada CV. Dodi Budianto Farm)
PENGARANG:WAHYU SUJUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-25


Wahyu Sujudi, Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Produk Pakan Ternak Berbasis Model SCOR (Supply Chain Operations Reference) Dan AHP (Analitical Hierarchy Process)(Studi Kasus Pada CV. Dodi Budianto Farm), dibimbing oleh Dr. Ir. Arief RM Akbar, M.Si., IPU dan Alan Dwi Wibowo, S.TP., M.T.

Perkembangan dunia industri saat ini memacu perusahaan manufaktur untuk terus melakukan perbaikan dalam meningkatkan kinerjanya. Perusahaan dituntut agar berpikir kreatif dalam mengimplementasikan strategi bersaing dengan menghasilkan barang atau jasa yang lebih berkualitas dan murah dibandingkan dengan pesaing lainnya.

CV. Dodi budianto farm merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang peternakan ayam petelur dan produksi pakan ternak ayam petelur mandiri yang berada di Jl. Lambenteng RT.05 RW.03 Desa Ujung Baru Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Kendala yang dialami perusahaan yaitu pada proses pengadaan bahan baku, produksi, dan pengiriman bahan baku yang tidak tepat waktu. Demi memenuhi kebutuhan permintaan, perusahaan memiliki target kinerja yang diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap kepuasan konsumen. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan peningkatan kinerja supply chain management (SCM) pada produksi pakan ternak.

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis kinerja rantai pasok produk pakan ternak ayam petelur. Pengukuran kinerja menggunakan model SCOR dengan parameter pengukuran terdiri dari 5 proses inti yaitu plan, source, make, deliver, return dan Pembobotan indikator kinerja dilakukan untuk mengetahui tingkat kepentingan dari tiap-tiap indikator kinerja dengan menggunakan metode AHP. Berdasarkan hasil penelitian nilai akhir total kinerja rantai pasok adalah sebesar 94 yang termasuk kedalam kategori (Excellent) menurut system monitoring kinerja. Walaupun pada hasil pengukuran kinerja SCM sudah termasuk kedalam kategori yang sudah sangat bagus tetapi perlu adanya usulan perbaikan pada indikator kinerja yang masih belum optimal dalam meningkatkan kinerjanya.

 

Kata kunci : Pengukuran Kinerja, SCM, SCOR, AHP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI