DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSONAL BRANDING ANDREAS BORDES SEBAGAI KREATOR KONTEN PODCAST
PENGARANG:MUHAMMAD RIZQAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-25


ABSTRAK

Muhammad Rizqan, 1910414310014, 2023, Personal Branding Andreas Bordes Sebagai Kreator Konten Podcast “Pengembangan Diri” di Spotify. Dibimbing oleh Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

Era media baru dengan koneksi internet dapat membantu kreator konten dalam distribusi konten. Selain itu, diperlukan juga personal brand untuk membentuk citra dan mengenalkan konten yang dibagikan kepada publik atau audiens. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan personal branding Andreas Bordes sebagai kreator konten podcast “Pengembangan Diri” di Spotify berdasarkan delapan konsep personal branding menurut Peter Montoya.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner terbuka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 (tiga puluh) pendengar (minimal 18 tahun) podcast “Pengembangan Diri” di Spotify, ketua tim podcast “Pengembangan Diri” (Alfandy Dafa Zein), dan podcast manager Box2Box Indonesia (Tubagus Akmal Pratama).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Andreas Bordes menerapkan semua the eight laws of personal branding dalam personal branding-nya melalui podcast “Pengembangan Diri” di Spotify, yaitu: spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visibilitas, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Podcast “Pengembangan Diri” juga menggunakan elemen-elemen brand, yakni; nama, logo, karakter, slogan, jingle, serta pengemasan, sehingga juga memenuhi karakteristik personal branding yang khas, relevan, dan konsisten. Maka, dengan teori determinisme teknologi relevan dengan personal branding Andreas Bordes sebagai kreator konten podcast “Pengembangan Diri” di Spotify. Kata Kunci: Personal Branding, Podcast, Spotify, 8 Konsep Personal Branding, Andreas Bordes 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI