DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Komunikasi Interpersonal pada Hubungan Orang Dengan Bipolar dan Kekasihnya di Kota Banjarmasin
PENGARANG:ARBAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-25


ABSTRAK 

Arbayani, 1910414320015, 2023, Komunikasi Interpersonal pada Hubungan Orang Dengan Bipolar dan Kekasihnya di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Bapak Siswanto Rawali.

 

Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang memiliki peran untuk saling mengubah dan mengembangkan. Di mana agar komunikasi Orang Dengan Bipolar dan Kekasihnya berkembang dengan efektif dibutuhkan adanya kerjasama dengan cara bersikap terbuka, sikap percaya, dan sikap mendukung yang nantinya akan mendorong timbulnya sikap memahami, menghargai, dan saling mengembangkan hubungan interpersonal secara efektif. 

 

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimanakah komunikasi interpersonal pada hubungan yang dibangun oleh orang dengan bipolar dan kekasihnya di kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data serta menggunakan teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Teori Penetrasi Sosial.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para penderita bipolar dan kekasihnya berkomunikasi secara verbal dan non verbal melalui perkataan, tulisan-tulisan, serta gerakan dan intonasi suara. Ketiga pasangan dalam penelitian ini pula melalui tahapan hubungan interpersonal yaitu tahap kontak, tahap keterlibatan, tahap keakraban, dan tahap perusakan. Dimana dua dari tiga pasangan dalam penelitian ini sampai pada tahap pemutusan yang berulang disebabkan oleh bipolar disorder yang dialami orang dengan bipolar dalam hubungan tersebut dan ketidak siapan mental serta kurangnya pengalaman dalam menghadapi orang dengan bipolar.

 

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Penetrasi Sosial, Hubungan Interpersonal, Orang Dengan Bipolar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI