DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Konteks Lahan basah Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs
PENGARANG:MARIA SIANIPAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-25


Matematika merupakan ilmu hitung yang sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar, karena berbagai segi kehidupan yang kita alami saat ini banyak interaksi yang menggunakan matematika di dalam kehidupan. Di sisi lain matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit, dibenci dan ditakuti sebagian besar siswa. Video pembelajaran mempermudah peserta didik dalam menguasai konsep pelajaran, sebab video pembelajaran bisa dimainkan berulang, sebanding terhadap kebutuhan siswa sehingga dapat menarikminatdanmembantusiswamemahamimateri.Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkan video pembelajaran matematika konteks lahan basah siswa kelas VII SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif.Model dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D (four D models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu define, design, develop and disseminate. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah video pembelajaran matematika konteks Pasar lahan basah siswa kelas VII SMP/MTs. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian video pembelajaran oleh ahli untuk mengukur kevalidan video pembelajaran, angket respon siswa dan angket respon guru untuk mengukur kepraktisan video pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan penggunaan video pembelajaran. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata yaitu 3,54 dengan kategori valid, hasil uji kepraktisan diperoleh hasil rata-rata angket respons yaitu 3,16 dengan katagori praktis dan persentase hasil belajar siswa adalah 81,82% dengan kategori efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika konteks lahan basah untuk siswa kelas VII SMP/MTs termasuk kategori valid, praktis dan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI