DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH MEDIA JAM AKTIVITAS SEHARI-HARI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUKURAN WAKTU PADA ANAK TUNARUNGU | |
PENGARANG | : | HIDAYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-09-26 |
Salah satu materi pada pembelajaran Matematika, pada saat peneliti
melakukan praktek pengalaman lapangan di kelas VI SLB Negeri 2
Martapura yaitu materi pengukuran jam. Saat praktek mengajar peneliti
menggunakan media jam dinding tanpa baterai. Namun pada akhir
pembelajaran anak tunarungu kurang memahami pengukuran jam, terlebih
pada materi pengukuran 24 jam. Anak tunarungu saat ditanya aktivitas
sehari-hari yang dilakukan pada jam-jam yang ditanyakan, masih belum
mampu menjawab. Berdasarkan pada pengalaman praktik mengajar
tersebut, peneliti tertarik untuk membuat media yang dapat membantu anak
tunarungu memahami materi pengukuran jam yang berkaitan dengan
aktivitas sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian kuat eksperimen atau dikenal istilah Eksperimental Design.
Penelitian ini adalah di SLB Negeri 2 Martapura dengan subjek yaitu 3
orang siswa tunarungu kelas 6 SDLB. Penelitian ini adalah desain pre
eksperiment one group pre-test - posttest.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan media jam
aktivitas sehari-hari anak tunarungu dapat meningkat secara signifikan
dengan nilai rata-rata yang meningkat. Terlihat pada hasil tiap subjek,nilai
rata-rata pada saat pre-test sebesar 57 sedangkan pada saat post-test sebesar
92. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media jam aktivitas
sehari-hari terhadap kemampuan pengukuran waktu pada siswa tunarungu
kelas 6 di SLB Negeri 2 Martapura.
Kata Kunci : Media Jam Aktivitas Sehari-hari, Pengukuran Waktu, Anak Tunarungu
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI