DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNITAS SABAN (SEPEDA ANTIK BANJARMASIN) TAHUN 2008-2020
PENGARANG:ISWAN SEPTIANDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


Komunitas SABAN (Sepeda Antik Banjarmasin) merupakan salah satukomunitas sepeda onthel yang masih pupuler dan aktif dalam kehidupan sosial,perkembangan,sertakontribusikomunitastersebutterhadapmasyarakatBanjarmasin.Penelitianinibertujuanuntuk:(1)UntukmengetahuilatarbelakangterbentunyakomunitasSABAN(SepedaAntikBanjarmasin.(2)UntukmengetahuiperkembangankomunitasSABAN(SepedaAntikBanjarmasin). (3) Untuk mengetahui konstribusi Komunitas SABAN (SepedaAntikBanjarmasin) kepadamasyarakat kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metodesejarah dalam memperolehdatadenganmenggunakanteknikpengumpulandata(Heuristik).Mulaisumberprimer hingga sumber sekunder. Sumber primer tersebut diperoleh secara lisandariinforman,sementarasumbersekunderdiperolehdariliteratureataureferensiyangrelevansepertibuku,jurnaldanpenelitianterdahulu.Selanjutnyamelakukankritikdalammelakukantindakanpenilaiandanpengujiantentangkeasliansumberbaiksecaraeksternmaupunintern.Kemudian akan diambil kesimpulan sementara dengan melakukan interpretasi,yaitu dengan membandingkan antara fakta yang satu dengan yang lainnya baiksecara tertulis maupun sumber lisan. Historiografi menjadi tahapan akhir dalamproses penggunaan pikiran kritis dan analisis. Selanjutnya peneliti menyusundalam suatu tulisan yang jelas, yang sistematis dan kronologis dalam bentukdeskriptif.

HasilpenelitianmenunjukkanbahwaberdirinyakomunitasSABAN(Sepeda Antik Banjarmasin) berawal dari pertemuan 2 kolektor sepeda onthelMuhammadAry dan Sunarno. Hingga pada 17Agustus 2008terbentuklahkomunitastersebut.AwalberdirinyakomunitasSABANhanyabeberapaanggota saja, namun seiring waktu jumlah anggota komunitas SABAN terusbertambah.SampaiakhirnyamemilikiSrikandiSABAN,yangawalnyabeberapa anggota SABAN hingga pada tahun 2020 sudah kurang lebih 200anggota.KomunitasSABANjugaberkontribusiterhadapkelestarianlingkungan. Mulai dari memiliki pembibitan pohon sendiri hingga melakukankehidupansosial kepadamasyarakat kota Banjarmasin.

KesimpulanbahwakomunitasSABAN(SepedaAntikBanjarmasin)didirikan oleh Muhammad Ary dan Sunarno. Kontribusi komunitas SABANtidak hanya berkontribusi bagi masyarakat Kota Banjarmasin, akan tetapi jugaberkontribusiterhadappenghijauanKotaBanjarmasin.Sehinggamerekamenjadikomunitasyangjugadisebut denganGreenCommunity.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI