DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 MARTAPURA | |
PENGARANG | : | NADYA MILENIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-09-26 |
Anak tunarungu pada dasarnya dikenal dengan kurang dengar atau tidak
dengar sama sekali. Secara fisik anak tunarungu tidak memiliki perbedaan yang
signifikan dibandingkan dengan anak mendengar dan anak normal pada umumnya.
Video pembelajaran (BISINDO) dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran
pada siswa tunarungu karena siswa dapat memanfaatkan indera penglihatannya
dalam memahami pesan materi yang ada pada media video pembelajaran tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh video pembelajaran Bahasa Isyarat
Indonesia (BISINDO) dalam meningkatkan kosakata siswa tunarungu di kelas IV
SLB Negeri 2 Martapura
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
pre eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan one group pre test dan post
test. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian
ini berjumlah 3 orang siswa kelas IV SLB Negeri 2 Martapura
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata anak
tunarungu dapat meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata yang meningkat.
Terlihat pada hasil tiap subjek, nilai rata-rata pada saat pre test sebesar 60
sedangkan pada saat post test 85 sebesar . Artinya terdapat pengaruh video Bahasa
Isyarat (BISINDO) terhadap kosakata anak tunarungu kelas IV di SLB Negeri 2
Martapura.
Kata Kunci: Video pembelajaran BISINDO, Tunarungu, Kosakata
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI