DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Regulasi Diri terhadap Ego Depletion pada Peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Marabahan
PENGARANG:NORHALIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


 

 

ABSTRAK

 

Norhaliza. 2023. Pengaruh Regulasi Diri terhadap Ego Depletion pada Peserta Didik kelas XI di SMA Negeri 1 Marabahan. Pembimbing: (1) Dr. Ali Rachman, M.Pd; (2) Muhammad Andri Setiawan, M.Pd

 

Kata Kunci: Ego Depletion, Regulasi Diri, Pengaruh, Kuantitatif

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan yang sering terjadi pada peserta didik di sekolah namun banyak yang kurang mengetahuinya maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat penelitian ini.Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Ego Depletion dan Regulasi Diri pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Marabahan serta ingin mengetahui seberapa berpengaruh Regulasi Diri terhadap Ego Depletion Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Jenis Penelitian Pengaruh. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Marabahan dengan menentukan populasi sesuai rumus slovin  yaitu sebanyak 149 peserta didik. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh Regulasi Diri (X) terhadap Ego Depletion (Y) pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Marabahan, karena dapat diketahui (1) Hasil analisis data pada tabel diatas menunjukkan F hitung > F tabel (37,768 > 3,91), artinya terdapat pengaruh Regulasi Diri terhadap Ego Depletion peserta didik kelas XI  di SMA Negeri 1 Marabahan (2) besarnya nilai korelasi R yaitu sebesar 0.452, dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.204 yang artinya pengaruh Regulasi Diri sebesar 20,4% terhadap Ego Depletion. Saran yang dapat peneliti sampaikan (1) Kepala sekolah: dapat mengevaluasi kembali untuk mengoptimaliasaikan mutu pendidikan di sekolah tersebut terutama peserta didik, (2) Guru BK: mengidentifikasi permasalahan dan memberi layanan yang sesuai, (3)Wali Kelas: untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan regulasi diri dan mengurangi ego depletion, (4)Peserta Didik:mengetahui dan peduli hambatan belajar terutama ego depletion untuk mengurangi dan mencegah dan ((5)Peneliti Selanjutnya: dapat menambah variabel atau faktor penyebab ego depletion lebih baik lagi

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI