DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERPAJAKAN KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 2 MARTAPURA.
PENGARANG:ROSYIDA ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


Rosyida Ariani, 2023. Pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar pada materi perpajakan kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Martapura, program studi Pendidikan ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, universitas lambung mangkurat, banjamasin. (pembimbing I : Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Baseran Nor, M.Pd.)

Abstrak : Quantum Learning merupakan pembelajaran yang membuat meriah dengan segala nuansanya, quantum Learning juga dapat menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran siswa perlu dibuka pengetahuanya untuk kemudian diantarkan ke dalam materi pelajaran. Sehingga siswa dapat menemukan kaitan antara materi pelajaran dengan kehidupannya sehari hari dan membuat pelajaran lebih bermakna bagi peserta didik Penelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruhmodelquantum  learningterhadaphasilbelajarsiswadi SMA Negeri 2 Martapura.

Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendengandesainquasi eksperimen (pretest-posttest control group design). Populasi penelitian ini yaituseluruh siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Martapura denganjumlah 30 siswa. Sampel diambil menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitianberupasoalobjektifpilihangandasebanyak10butirsoalyangdikumpulkanpadasaat  pretestdanposttestsetiappertemuanpembelajaran.Variabeldalampenelitianiniyaitu pengaruhquantumlearningdanhasilbelajar.Datadikumpulkandengantekniktestertulis.Data di analisis dengan menggunakan ujit.

Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan model Quantum Learning berpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarsiswa.Diketahui nilai Sig. untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,005 <  0,05 dan nilai t hitung 3,051 > t tabel 2,04841. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya   terdapat pengaruh signifikan variabel (X1) terhadap (Y). pada kelas eksperimen rata rata sebelum perlakukan sebesar 41,33. Setelah mendapat perlakuan atau treatment menggunakan model pembelajaran quantum leraning didapatkan hasil rerata hasil belajar sebesar 75,66. Yang artinya memiliki kenaikan rerata hasil belajar 46,67%. Pada kelas kontrol pretest peserta didik 49,33 dan posttest kelas kontrol peserta didik dapat 66,33. Pada kelas kontrol pun memiliki kenaikan sekitar 6,67%.

Katakunci:quantumLearning,HasilBelajar,ModelPembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI