DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA AKADEMIK HARDINESS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 15 BANJARMASIN
PENGARANG:NURHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


Berbagaimacammasalahakademikyangdihadapiolehpesertadidikmembuatpesertadidikharusmemilikipribadiyangtangguh.Pribadiyangtangguh ini dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar sehinggatimbullahminatbelajarnya.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihubungan antara akademik hardiness dengan minat belajar siswa SMP Negeri 15Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiankorelasional. Adapun jumlah populasi sebanyak 450 siswa dan mendapati jumlahsampel yaitu 212 siswa. Menggunakan simple random sampling, adapun metodepengumpulan data menggunakan angket akademik hardiness dan angket minatbelajar.Teknik analisis datadengan korelasipearson productmoment.

Hasilpenelitianmenunjukkannilai signifikansi 0,033<0,05, artinya terdapat hubungan antara akademik hardiness dengan minat belajar siswa di SMP Negeri 15 Banjarmasin dengan arah hubungan positif, yaitu semakin tinggi akademik hardiness, semakin tinggi juga minat belajarnya, tetapi berdasarkan hasil koefisien korelasi sebesar 0.147, akademik hardiness dan minat belajar memiliki hubungan yang sangat lemah. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara akademik hardiness dengan minat belajar pada siswa SMP Negeri 15 Banjarmasin. Peneliti menyarankanagarpenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitianyangbersifatintervensi,salah satunya dengan memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswayangmemilikinilaiyangrendahdalamakademikhardinessmaupunminat belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI