DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PBL (Problem based learning), METODE BERNYANYI DAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELOMPOK B
PENGARANG:RAFIKA DELA AFRILIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


Permasalahan pada penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan mengingat dan melafalkan kata bahasa inggris. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran yang diberikan kurang menarik sehingga anak cepat bosan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Model PBL dengan Media flashcard. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil kemampuan bahasa anak.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Muara Uya yang berjumlah 14 orang anak (5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian kemampuan bahasa. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Hampir Seluruh Anak Aktif dan Seluruh Anak Aktif”, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada pertemuan ke-1 mendapatkan skor 21 dengan kategori “Baik”, dan terus meningkat hingga pertemuan ke-3 mendapatkan skor 26 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak pada pertemuan ke-1 mendapat persentase 62,25% dengan kategori “Sebagian Kecil Anak Aktif” dan terus meningkat hingga pertemuan ke-3 mendapatkan persentase 87,5% dengan kategori “Sangat Aktif”. (3) Hasil perkembangan kemampuan bahasa anak pada pertemuan ke-1 mendapatkan persentase 72% dan terus meningkat hingga pertemuan ke-3 mencapai 100% anak berhasil berkembang dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB)”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model PBL dengan Media flashcard dapat mengembangkan aktivitas dan hasil kemampauan bahasa anak dengan sangat baik dan seluruh anak aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru, peneliti lainnya, dan orangtua dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI