DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN FUTSAL PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 JUAI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:AHMAD RIFQI ASRULLADONI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-27


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai tingkat keterampilan dasar futsal yang dimiliki oleh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Juai Kabupaten Balangan.

Survei adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa baik siswa SMA Negeri 1 Juai Kabupaten Balangan bermain futsal sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Populasi yang dimiliki berjumlah 18 orang yang terdiri dari anggota kelas. X 1 sebanyak 2 orang, X 2 sebanyak 2 orang, XI sebanyak 3 orang, XI IPA 1 sebanyak 2 orang, XI IPA 2 sebanyak 2 orang, dan XII IPA sebanyak 18 orang yang termasuk dalam sampel, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel keseluruhan, sensus, atau sarana prasarana. XII IPA 2 sebanyak 1 orang, XII IPS 1 sebanyak 1 orang, dan XII IPS 2 sebanyak 2 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi menggiring bola lurus sejauh 6 meter, passing tanpa kontrol sebanyak 10 kali dengan jarak 2 meter, menggiring bola mengelilingi 2 buah cone yang berputar ke arah kiri dan ke arah kanan, passing dengan kontrol sebanyak 10 kali dengan jarak 2,5 meter (kaki kanan dan kiri bergantian dalam melakukan kontrol), shooting ke arah gawang dengan 1 kaki kanan dan 1 kaki kiri, serta menggiring bola lurus sejauh 5,5 meter.

Tingkat kemampuan gerak dasar futsal siswa peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Juai Kabupaten Balangan adalah cukup, dengan frekuensi sebanyak 10 siswa atau 55%, sesuai dengan hasil penelitian yang telah disediakan. Sebanyak dua orang siswa di SMA Negeri 1 Juai Kabupaten Balangan dinyatakan baik sekali, dua orang siswa baik, sepuluh orang siswa dinyatakan cukup, tiga orang siswa dinyatakan kurang, dan satu orang siswa dinyatakan kurang sekali untuk tingkat kemampuan gerak dasar futsal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI