DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Perilaku Altruisme Melalui Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Banjarmasin
PENGARANG:PUTRI MAULIDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-27


ABSTRAK

 

Putri Maulidya. 2023. Upaya Meningkatkan Perilaku Altruisme Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd. (II) Akhmad Sugianto, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Altruisme, Bimbingan Kelompok, Sosiodrama.

Perilaku altruistik adalah tindakan individu untuk menolong orang lain tanpa adanya keuntungan langsung bagi sipenolong tersebut, karena yang diuntungkan adalah orang yang diberi pertolongan maka individu yang melakukan perilaku altruistik ini akan menyampingkan kepentinggan mereka diatas kepentingan orang lain. Sikap altrusime harus ditanamkan kepada peserta didik karena pada hakikatnya mereka adalah makhluk sosial yang harus meminta bantuan orang lain, jika perilaku altriuisme tidak ditanamkan pada diri peserta didik maka dia akan lamban untuk menerima timbal balik atau menerima bantuan dari orang lain.Ada beberapa masalah yang sering ditemukan di lapangan seperti tidak mengerjakan pekerjaan rumah, sering marah kepada teman yang berbuat salah, suka bertengkar dan berbicara kotor, bahkan menertawakan temannya saat temannya dalam kesusahan hingga enggan membantu temannya yang butuh pertolongan dengan alasan yang berbagai macam.Berdasarkan permasalahan ini, peneliti merasa bahwa penggunaan teknik sosiodrama cocok untuk membantu meningkatkan sikap altruisme pada siswa kelas X di SMA Negeri 13 Banjarmasin.

Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniyangmenggunakankualitatif. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konselig(PTBK)dandilaksanakandalamIIIsiklus.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswakelas X yang terdiri dari 6 orang sampel. Sedangkan alat pengumpul data yang dilakukanantaralainobservasi,wawancara,dandokumentasi.

Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanpadasetiapkalipertemuan untuk aktivitas peneliti mencapai kategori baik, untuk aktivitas siswamencapaikategoriaktifserta hasiltindakandaripelaksanaanbimbingankelompokdengan tekniksosiodramamencapai kategori berhasil.Dari penelitiantindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan perilaku altruisme dalam layanan bimbingan kelompok dengan menggunakanteknik sosiodrama. Saran dari peneliti selanjutnya dengan mengharapkanpeneliti selanjutnya bisa membuat teknik ini lebih kreatif serta inovatif lagi dandapatmenjadifaktoryangdapatlebihdiperhatikanbagipeneliti-penelitiyangakan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI