DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN
PENGARANG:Putri Salma Yulianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-27


ABSTRAK

 

 

 

 

 

 

 

Yulianti,PutriSalma.1810127220026.2022.StrategiGurudalamProsesPembelajaran IPS pada Anak dengan hambatan pendengaran Dosen Pembimbing I: Dewi Ratih Rapisa,M.PdDosen Pembimbing II:Sihadi, M.Pd

 

 

 

 

 

KataKunci:Strategiguru,PembelajaranIPS,Anak dengan hambatan pendengaran

 

Penelitian ini berdasarkan pada strategi guru dalam pembelajaran IPS yang identik dengan kalimat panjang dan abstrak yang sulit diaplikasikan ke Anak dengan hambatan pendengaran, sehingga guru harus menentukan strategi yang tepat dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk Anak dengan hambatan pendengaran, agar dalam tujuan penelitian dapat diketahui mengenai strategi konsep permasalahan yang ada di masyarakat, kemampuan berpikir logis, dan sadar akan nilai-nilai kemanusiaan dapat dipahami oleh anak.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif. Subjek yang ada didalam penelitian ini adalah guru IPS yang berada dikelas10SLBN2Banjarmasin.Teknikpengumpulandatamenggunakanwawancara,observasi,dandokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakanreduksidata,penyajiandata,kesimpulan,dankeabsahandatamenggunakantriangulasisumber.

 

Pada hasil penelitian bahwa strategi guru dalam pembelajaran IPSterdiridarikonsep permasalahan yang ada dimasyarakat, kemampuan berpikir logis, dan mengenai kesadaran nilai kemanusiaan.Tujuanpenelitian mengenai perencanaan strategi guru tidak ada bedanya, gurumenyusunkonseppembelajaranberupamateriyangsudahdiringkas,dandisederhanakan kalimatnya disajikan dalam bentuk modul dan PPT, guru jugamenggunakanmediagambar,video,sertametoderoleplayingyang digunakan pada tujuan penelitian menyadarkan nilai kemanusiaan.Selanjutnyapelaksanaan pembelajaran IPS, guru memberikan modul dan dijelaskan dengancara menuliskan dipapan tulis, dan dijelaskan dengan Bahasa isyarat serta oralmulut yang jelas. Terakhir evaluasi, guru menggunakan soal pilihan ganda,atau menjodohkan, dan ada juga diambil dari kegiatan role playing yang digunakan pada tujuan pnelitian menyadarkan nilai kemanusiaan. Kendala yangdihadapi guru pada penerapan strategi tersebut, yaitu pada penguasaan Bahasaisyaratyang kurang, dankondisi kelas kurang kondusif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI