DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN PERTAMA KALI SERTIPIKAT TANAH HAK MILIK PERORANGAN PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:ANNIDA RIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-27


Annida Riani, 2120419320026, 2023, “Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Pertama Kali Sertipikat Tanah Hak Milik Perorangan”. Tesis. Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dibawah Bimbingan Dr. Tomi Oktavianor, M.Soc., Sc

Pelayanan Pendaftaran Tanah bertujuan mendaftarkan tanah dan memberikan kepastian hak kepada masyarakat. Standar pelayanan merupakan sebuah bentuk tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan pada instansi pelayanan. Pelaksanaan pelayanan publik sampai saat ini dirasa masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat, baik dari segi kesesuaian standar pelayanan ketersediaan petugas dibandingkan dengan jumlah pelayanan yang masuk, ketepatan waktu penyelesaian, dan keterampilan petugas dalam melayani dan memberikan informasi. Adapun keluhan ini disampaikan terhadap pelayanan Pendaftaran Pertama Kali Sertipikat Tanah Hak Milik Perorangan. Pada laporan Pendapatan Diterima Dimuka atas Tunggakan pelayanan pertanahan Periode 2016 sampai dengan 2022 pada Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin, prosedur Permohonan Surat Keputusan Pemberian Hak Milik Perorangan melewati standarisasi jangka waktu pelayanan dalam jumlah terbanyak. Permohonan Surat Keputusan Pemberian Hak Milik Perorangan adalah bagian dari tahapan prosedur dari pelayanan Pendaftaran Pertama Kali Sertipikat Tanah Hak Milik Perorangan.

Tujuan dari penelitian ini menganalisis efektivitas pelayanan Pendaftaran Pertama Kali Sertipikat Tanah Hak Milik Perorangan dan menganalisis faktor penghambatnya ditinjau dari aspek prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan penentuan atau pemilihan informan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Sumber data diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis dari hasil pengumpulan data dibantu dengan aplikasi NVIVO 12. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi.

Hasil penelitian menemukan bahwa pelayanan belum berjalan dengan baik pada tahapan prosedur penerimaan dan pencatatan berkas permohonan. Faktor penghambat internalnya seperti: 1) kurangnya kompetensi pegawai, 2) ketidaksesuaian jalannya peraturan, sedangkan eksternalnya yaitu: 3) pemohon belum mampu melengkapi persyaratan. Kemudian pada tahapan prosedur pemeriksaan, penelitian, analisa, penyiapan bahan pendukung, pengolahan data, administrasi teknis, penyiapan konsep produk pelayanan dan nota dinas belum terlaksana dengan baik. Faktor penghambat internalnya seperti: 1) minimnya jumlah pegawai dan sedangkan ektsernalnya yaitu: 2) belum adanya kepastian jadwal lapang dari kepala desa dan pemilik tanah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas jika dikaitkan dengan ukuran efektivitas menurut Steers (1985), yaitu: 1) Kemampuan Menyesuaikan Diri (Adaptasi), 2) Pencapaian Tujuan dan 3) Integrasi. Dari ukuran efektivitas tersebut maka Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Pertama Kali Sertipikat Tanah Hak Milik Perorangan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin dikatakan belum efektif.

Kata Kunci : Efektivitas ; Pelayanan ; Kantor Pertanahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI