DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFFEKTIFITAS KINERJA IMUNOSTIMULAN TERHADAP MENAJEMEN STRESS DAN REMATURASI INDUK IKAN BIAWAN (Heleostoma teminckii)
PENGARANG:ROJAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-28


ABSTRAK

ROJAK. 2023. Efektifitas Kinerja Imunostimulan Terhadap Manajemen Stress dan Rematurasi Induk Ikan Biawan (Helostoma temminckii). Pembimbing: (1) Dr. Ir. UNTUNG BIJAKSANA, M.P.dan (2) Dr. Hj. INDIRA FITRILIYANI, S.Pi., M.Si.

        

Ikan biawan (Helostoma temminkii) adalah ikan asli indonesia terdapat dibeberapa sungai di Sumatera dan Kalimantan.Produksiikanbiawansaatinimasihbergantung darihasiltangkapandi alam,sedangkanuntukpemeliharaandalamwadahyang terkontrolbelumbanyak dilakukan. Salah satu penyebabnya adalah faktor stress yang mempengaruhi keberhasilan domestikasi  Ikan  biawan.Masalah lain yang dihadapi dalam pemenuhan perkembang biakan ikan biawan secara kontinyu adalah harus tersedianya induk matang gonad tapi diluar musim pemijahannya.Perlu adanya kajian-kajianyanglebihmengenaipenggunaan L Theanin sebagaiimonostimulan untukmeningkatkan sistem  imun  nonspesifikpada  ikansangat  perlu dalam upayamenekan tingkat strespadaikan yang dapat menghambat proses rematurasi. Penggunaan suplemen vitamin E pada ikan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas telur dan mempercepat perkembangan embrio. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja L-theanin sebagai imunostimulan untuk menekan tingkat stress pada ikan biawan dan menganalisis kinerja Vitamin E mempercepat rematurasi pada induk ikan biawan.Ikan biawan yang akan digunakan dalam penelitian ini berasal dari BalaiPembenihan Ikan Air Tawar Bincau, Kalimantan Selatan. Jumlah induk yangdiperlukan sebanyak 60 ekor induk betina bobot tubuh 40 gram sampai 100 gram. Parameter yang diamati pada penelitian tahap 1 yaitu pemberian pakan yang ditambahkan dengan dosis L-Theanin terhadap respos immunustimulan ikan biawan yaitu hemtokrit, eritrosit dan glukosa darah. Penelitian tahap 2 yaitu pemberian pakan yang ditambahkan dengan dosis Vitamin E terhadap rematurasi ikan biawan dengan parameter yang di ukur yaitu Hepato Somatik Indeks (HSI), Gonad Somatik Indeks (GSI), histologi, kelangsungan hidup dan parameter penunjang yaitu kualitas air. Efektifitas penambahan imunostimulan terhadap rematurasi induk ikan biawan (Helostoma temminckii) yaitu penambahan pakan dengan dosis L-Theanin 300 mg/kg mampu mempertahankan imunostimulan untuk menekan tingkat stress pada ikan biawan sesuai dengan pengukuran hematologi berupa hematokrit, eritrosit dan glukosa darah. Penambahan pakan dengan dosis Vitamin E 200mg/Kg hingga 400 mg/Kg mampu  mempercepat rematurasi pada induk ikan biawan dilihat dari pengukuran Hepato somatik indeks (HSI), gonado somatic indeks (GSI) dan histologi gonad ikan biawan.

 

Kata Kunci: Ikan Biawan, Immunustimulan, Rematurasi, L-Theanin, Vitamin E

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI