DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN ASPEK KOGNITIF PADA ANAK DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MEDIA PERMAINAN ULAT BERHITUNG PADA KELOMPOK B PAUD TERPADU Al MUTTAQIN
PENGARANG:ADIBA MUMTAZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-29


Mumtaz, Adiba. 2023. Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspek Kognitif Pada Anak Dalam Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan dengan Model Number Head Together (NHT) dan Media Permainan Ulat Berhitung Pada Kelompok B PAUD Terpadu Al Muttaqin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci: Kognitif, Mencocokkan Bilangan, Number Head Together, Ulat Berhitung

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi pembelajaran, aktivitas anak, dan aspek kognitif dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan pada anak kelompok B. Hal ini disebabkan pembelajaran bersifat abstrak, metode pembelajaran yang digunakan monoton / kurang bermakna, dan proses pembelajaran yang bersifat hanya satu arah. Upaya pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan model Number Head Together (NHT) dan media ulat berhitung. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi anak, aktivitas anak, dan aspek kognitif pada anak dalam mencocokkan bilangan.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Terpadu Al Muttaqin sebanyak 20 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, motivasi anak, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat skor 18 dengan kategori “Cukup”, pada pertemuan 2 mendapatkan skor 24 dengan kategori “Baik”, dan pada pertemuan 3 mendapatkan skor 30 dengan kategori “Sangat Baik”. Motivasi anak pada pertemuan 1 mencapai persentase 35% dengan kriteria “Sebagian kecil siswa termotivasi”, pada pertemuan 2 mencapai persentase 65% dengan kriteria “Sebagian besar siswa termotivasi”, dan pada pertemuan 3 mencapai persentase 100% dengan kriteria “Seluruh siswa termotivasi”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai persentase 30% dengan kriteria “Sebagian kecil anak aktif”, pada pertemuan 2 mencapai persentase 70% dengan kriteria “Sebagian besar anak aktif”, dan mengalami peningkatan pada pertemuan 3 mencapai persentase 100% dengan kriteria “Seluruh anak aktif”. Hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) dan (BSB).

Disimpulkan menggunakan model Number Head Together (NHT) dan media ulat berhitung dapat mengoptimalkan aktivitas guru, motivasi anak, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan kemampuan aspek kognitif dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan di kelompok B PAUD Terpadu Al Muttaqin Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI