DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SIKAP KOOPERATIF MENGGUNAKAN MODEL NATURE PROJECT TOGETHER PADA ANAK KELOMPOK B TK ANGGREK DWP UNLAM BANJARMASIN
PENGARANG:NIDAATUL HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-29


Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara kondisi ideal dan kondisi nyata yaitu seharusnya anak mampu bergabung dan berinteraksi bersama kelompok, anak mampu bertanggun jawab dalam menyelesaikan tugas bersama-sama. Anak mampu membantu teman, dan anak mampu menghargai hasil karya dan memberi pujian. Hal ini disebabkan karena anak cenderung pemalu dan kurang minatnya dalam berinteraksi kurang diberi pemahaman kepada anak dalam hal bertanggung jawab, kurang melakukan pembiasaan untuk saling membantu sesama teman, anak kurang diajarkan bagaimana cara menghargai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah anak kelompok B TK Anggrek Dwp Unlam Banjarmasin, dengan jumlah anak 12 orang anak terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional. Hasill penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapatkan skor 26, pertemuan II mendapat skor 31, pertemuan III mendapatkan skor 37, dan pertemuan IV mendapatkan skor 42. Aktivitas anak pada pertemuan I memperoleh persentase 50%, pertemuan II mendapatkan persentase 66,6%, pertemuan III mendapatkan persentase 83,3% dan pertemuan IV mendapatkan persentase 100%. Dan Hasil perkembangan sosial emosional anak pertemuan I memperoleh persentase 25%, pertemuan II memperoleh persentase 83,3%, pertemuan III memperoleh persentase 100%, dan pertemuan IV memperoleh persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional anak menggunakan model Nature Project Together berhasil meningkat dan berkembang dengan sangat baik dan aktif. Disarankan kepada guru agar dapat dijadikan bahan masukan dalam memilih media, model dan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatan perkembangan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dan dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI