DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEPMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SDN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:Sutri Retno Asih
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-30


ABSTRAK

 

Asih, Sutri Retno. 2022. Hubungan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kreativitas Guru di SDN Banjarmasin Tengah. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Mahrita (2) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan Situasional, Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, Kreativitas.

 

            Keberhasilan Pendidikan terutama ditentukan oleh mutu guru. Guru yang bermutu adalah guru yang mempunyai kreativitas dalam melaksanakan tugasnya. Kreativitas guru dapat terwujud dari beberapa hal diantara adalah kepemimpinan situasional kepala sekolah, kecerdasan emosional, dan juga motivasi berprestasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan kepemimpinan situasional kepala sekolah, kecerdasan emosional, dan motivasi berprestasi terhadap kreativitas guru.

            Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 385 guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Teknik pengambian sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 197 guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuisioner. Data dianalisis menggunakan menggunakan SPSS.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kreativitas guru sebesar 0,723 > 0,138 dan 0,000 < 0,05, (2) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional guru dengan kreativitas guru sebesar 0,356 > 0,138 dan 0,000 < 0,05, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara motivasi berprestasi guru dengan kreativitas guru sebesar 0,257 > 0,138 dan 0,001 < 0,05, (4) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kecerdasan emosional guru sebesar 0,275 > 0,138 dan 0,000 < 0,05, (5) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru sebesar 0,433 > 0,138 dan 0,000 > 0,05, (6) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan kreativitas guru melalui kecerdasan emosional guruz hitung lebih besar dari z tabel sebesar 2,085 > 1,96, dan (7) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan motivasi berprestasi guru z hitung lebih besar dari z tabel sebesar 3,747 > 1,96.

            Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Kepala sekolah hendaknya bisa lebih berupaya dalam  melakukan koordinasi serta membimbing para guru agar mampu mendorong kreativitas para guru, (2) Guru srebagai pendidik hendaknya mampu lebih terbuka dalam melakukan koordinasi dengan sesama guru, siswa, maupun kepala sekolah dalam menjalankan tugas yang diemban serta lebih meningkatkan kerjasama sesama guru maupun kepala sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI