DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBERANI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MURUNG RAYA 3
PENGARANG:NORLAILASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-30


ABSTRAK

Norlailasari. 2023. Meningkatkan Aktivitas, dan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model PEMBERANI pada Peserta Didik Kelas V SDN Murung Raya 3. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Raihanah Sari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Peserta Didik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar, PEMBERANI

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan model pembelajaran tidak bervariasi, pembelajaran masih berpusat pada pendidik, pembelajaran yang bersifat hafalan dan kurangnya antusias peserta didik dalam mengemukakan pendapat. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PEMBERANI dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas ppendidik, meningkatkan aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Murung Raya 3, yang berjumlah 19 orang peserta didik terdiri dari 12 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melaui observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan keterampilan komunikasi peserta didik, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dan diperoleh hasil menjadi 100% dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dan diperoleh hasil menjadi 95% dengan kriteria “sangat aktif”. Keterampilan komunikasi pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dan diperoleh hasil menjadi 89% dengan kriteria “sangat terampil”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dan dieproleh hasil menjadi 93% peserta didik “tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PEMBERANI dapat meningkatkan kualitas aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi kepala sekolah, pendidik, peserta didik dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kualitas aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI