DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Hulu Sungai Utara)
PENGARANG:NORHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-30


Norhasanah, (2023). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Hulu Sungai Utara). Pembimbing: Dr. Novita Weningtyas Respati, SE, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah pada SKPD Kabupaten Hulu Sungai Utara, pengaruh sistem pengendalian intern pemerintah terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah pada SKPD Kabupaten Hulu Sungai Utara, pengaruh penerapan sistem akuntansi pemerintah daerah terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah pada SKPD Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang di masing-masing SKPD-SKPD Kabupaten Hulu Sungai Utara. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik kuesioner. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 72 responden. Pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan koefisien determinasi (R2). 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kejelasan sasaran anggaran, sistem pengendalian intern pemerintah dan penerapan sistem akuntansi pemerintah daerah tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Keterbatasan penelitian ini adalah (1) Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan data diperoleh berdasarkan persepsi responden berupa jawaban yang terdapat kemungkinan bahwa hasil jawaban akan berbeda dengan keadaan sebenarnya (2) Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diambil dari penelitian sebelumnya yang sejenis dan memiliki kemungkinan kondisi objek penelitian berbeda (3)  Nilai R Square menunjukkan bahwa variabel independen yang diambil dari penelitian ini memiliki tingkat hubungan dengan variabel dependen sebesar 4,7% sehingga selebihnya sebesar 95,3% ditujukkan oleh variabel-variabel lain yang tidak dikemukakan dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI