DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Keterampilan 4C untuk Peserta Didik Generasi Z
PENGARANG:DIANDRA EMILY CANAVARONIA NAYOAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-30


Diandra Emily Canavaronia Nayoan. 2023. Pengembangan Modul Keterampilan 4C untuk Peserta Didik Generasi Z. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd (II) Dr. Sulistiyana, M.Pd
Kata Kunci : Modul, Keterampilan 4C, Generasi Z

Pendidikan di Indonesia dituntut untuk melahirkan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan perkembangan abad 21. Keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21 ini adalah keterampilan 4C. Generasi Z menjadi sasaran dalam pendidikan berbasis keterampilan 4C. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis gambaran keterampilan 4C peserta didik generasi Z sesudah dan sebelum diberikan modul keterampilan 4C.

Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan jenis penelitian pengembangan. Alat pengumpul data menggunakan angket keterampilan 4C dan angket uji akseptabilitas modul. Modul kemudian di ujicobakan pada 10 orang siswa kelas VIII-C di SMP Santa Maria Banjarmasin.

Teknik analisis data menggunakan rumus ICC dan paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan modul termasuk dalam kategori sangat berguna, layak dan sangat tepat. Hasil penelitian pun menunjukkan adanya perbedaan antara keterampilan 4C peserta didik sebelum dan sesudah diberikan modul. Kesimpulannya, modul keterampilan 4C efektif meningkatkan gambaran keterampilan 4C peserta didik generasi Z.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI