DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai PNS Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:MAYMUNAH ANDRAYNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-30


ABSTRAK

Maymunah Andrayni, Pengaruh Perceived Organizational Support(POS) Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi(Studi Pada Pegawai PNS Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan), Laila Refiana Said (Pembimbing).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Organizational Supportterhadap KepuasanKerja dan Organizational Citizenship Behavior  serta untuk menganalisis Kepuasan Kerja memediasiPerceived Organizational Support  terhadap Organizational Citizenship Behavior pada pegawai PNS Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 40 pegawai PNS DinasPerdaganganProvinsi KalimantanSelatan sebagai sampel. Pengukuran variabel menggunakan teknik Skala Likert dengan skala bobot dari 1 sampai 5 dan untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan path Coefisien diolah dengan Program SmartPLS.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh.Perceived Organizational Support (POS)terhadap Kepuasan Kerja. Perceived Organizational Support (POS) berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Pegawai PNS Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan. Kepuasan Kerja tidak berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Pegawai PNS Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan. Kepuasan Kerja tidak memediasi pengaruh Perceived Organizational Support (POS) terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Pegawai PNS Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan.

 Kata Kunci :Perceived Organizational Support (POS), Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kepuasan Kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI