DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, ROLE PLAYING, DAN SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN MANTUIL 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ZAHARA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-01


Amalia, Zahara. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Role Playing, dan Small Group Work Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Mantuil 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Wahdah Refia Rafianti, S.Sn., M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, IPS, Problem Based Learning, Role Playing & Small Group Work

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penyebab masalah tersebut adalah pembelajaran satu arah, pembelajaran kurang menarik, kurangnya rasa percaya diri siswa. Oleh karena itu, upaya dalam mengatasinya adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Role Playing & Small Group Work, untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar muatan IPS “Jenis-Jenis Pekerjaan” model PBL, Role Playing, dan Small Group Work pada siswa kelas IV  SDN Mantuil 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus setiap siklus ada 2 pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Mantuil 1 Banjarmasin yang berjumlah 23 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diukur menggunakan cross data melalui hasil belajar. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 25 dengan persentase 69%, kemudian terus meningkat hingga pada siklus II pertemuan 2 memperoleh skor 32 dengan persentase 100% yang berkategori sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 secara klasikal memperoleh persentase 26% dan terus meningkat hingga pada siklus II pertemuan 2 menjadi 100%. Kemudian dengan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan persentase 39%, dan terus meningkat hingga siklus II peretemuan 2 menjadi 96%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model PBL, Role Playing & Small Group Work dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelejaran IPS. Disarankan pengguna kombinasi tiga model tersebut dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI