DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN PAYMENT GATEWAY TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
PENGARANG:Auliani Safitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-02


Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan kinerja keuangan bank umum di Indonesia yang diukur menggunakan rasio profitabilitas pada periode tiga tahun sebelum dan tiga tahun sesudah penggunaan payment gateway atau Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Unit yang dianalisis adalah laporan keuangan yang diterbitkan oleh bank umum periode tiga tahun sebelum penggunaan GPN (2015-2017) dan tiga tahun sesudah penggunaan GPN (2018-2020). Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 31 perusahaan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data dianalisis menggunakan uji beda yaitu Wilcoxon Signed Ranked Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ROA dan ROE yang signfikan antara sebelum dan sesudah penggunaan GPN dengan perbedaan yang mengarah pada menurunnya profitabilitas bank. Sedangkan pada rasio BOPO bank diperoleh hasil yang berbeda dari kedua rasio sebelumnya yaitu menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan GPN.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI