DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL, MIND MAPPING DAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS 5 SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ERLY NOORLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-02


                                                             ABSTRAK

Noorliana,Erly. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model PBL, Mind Mapping dan Talking Stick pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi KemerdekaanKelas 5 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Khairil Anwar, M. Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, ModelProblem Based Learning, Mind Mapping dan Talking Stick.

Masalah yang terjadi adalah siswa tidak aktif dalam bertanya dan mengemukakan pendapat, kurang mampu memahami dan menguasai materi pembelajaran, siswa cepat bosan  dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS Kelas 5 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping dan Talking Stick.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas(PTK),yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dan kuantitaf dimana data kualitatif didapatkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif didapatkan melalui hasil belajar yang diambil menggunakan tes secara berkelompok dan evaluasi belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 19 kriteria “Baik”, meningkat menjadi 27 kriteria “Sangat Baik” pada siklus II pertemuan 2. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 47% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan siklus II pertemuan 2  menjadi 88% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama pada siklus I  pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 23% dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya khususnya materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas 5.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI