DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENSOMOTORIK PADA ANAK TUNANETRA DENGAN MEDIA TEXTURE BOOK KELAS VIII DI SLB A NEGERI 3 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-02


Penelitian ini tentang anak tunanetra yang mengalami permasalahan pada kemampuan indera perabaan yaitu ketidakmampuan dalam mengenali tekstur yang saat ini sudah duduk kelas VIII SMP yang bersekolah di SLB A Negeri 3 Martapura. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sensomotorik tunanetra dengan menggunakan media texture book.

                        Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Subjek Single Research (SSR). Pada Penelitian ini menggunakan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi yang dilakukan oleh 2 pengamat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

                        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media texture book dapat meningkatkan kemampuan sensomotorik anak tunanetra. Hal ini terbukti pada mean level meningkatknya kemampuan sensomotorik anak, pada tahap baseline 1 (A1) 12,5 %, kemampuan sensomotorik anak pada tahap intervensi (B) 82,5%. Pada tahap baseline 2 (A2) mean level kemampuan sensomotorik anak meningkat menjadi 95,8 %.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI