DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS BELAJAR DAN ASPEK BAHASA MENGGUNAKAN MODEL STORY TELLING DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 31
PENGARANG:AMELIA DEWI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-02


Safitri, Amelia Dewi. 2023. “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Belajar dan Aspek   Bahasa Menggunakan Model Story Telling Dan Talking Stick Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal 31”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Ibu Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aspek Bahasa, Mengulang Cerita Kembali, Story Telling , dan Talking Stick, Media Boneka Tangan.

 

Permasalahan yang ditemukan  dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan aspek bahasa anak dalam kegiatan mengulang kembali cerita  pada kelompok B. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan kurang menyajikan media yang menarik, pembelajaran bersifat satu arah dan masih bersifat abstrak. Salah satu upaya yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebutadalah dengan menggunakan model pembelajaraan story telling dan talking stick dengan media boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi belajar, aktivitas anak dan perkembangan aspek bahasa dalam kegiatan mengulang kembali cerita.

 

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dilakukan dalam 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak-anak (6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan disajikan dengan grafik sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan skor 21 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 25 dengan kategori “ Baik” dan petemuan ke-3 dengan skor 31 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Motivasi Anak pertemuan ke-1 dengan 58% kategori “Cukup Termotivasi”, pertemuan ke-2 dengan 100% kategori “Sebagian Sangat Termotivasi” dan pertemuan ke-3 dengan 100% kategori “Sangat Termotivasi”. (3) Aktivitas Anak pertemuan ke-1 dengan 50% kategori “Cukup Aktif”, pertemuan ke-2 dengan 75% kategori “Aktif” dan pertemuan ke-3 dengan 100%  kategori “Sangat Aktif”. (4) Hasil Perkembangan Bahasa pada pertemuan terakhir mencapai 100%  anak yang berhasil dengan mendapatkan 42% (BSH) dan 58% (BSB).

 

Berdasarkan hasil penelitian yang terlah terlaksana menggunakan kombinasi model Story Telling Dan Talking Stick dapat disimpulkan bahwaterbukti terjadi peningkatan aktivitas guru,  motivasi, aktivitas belajar dan hasil perkembangan aspek bahasa anak masuk kedalam kategori sangat baik, sangat termotivasi, sangat  aktif dan bekembang sangat baik. Disarankan bagi guru , kepala sekolah dan peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif sebagai bahan masukan informasi untuk menjadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki proses kegiatan pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI