DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERPAAN KONTEN GITA SAVITRI TERHADAP SIKAP TENTANG CHILDFREE PADA FOLLOWER AKUN INSTAGRAM @GITASAV
PENGARANG:Andalusita Amanah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-03


Andalusita Amanah, 1810414220010, 2023, Pengaruh Terpaan Konten Gita Savitri Terhadap Sikap Tentang Childfree Pada Follower Akun Instagram @Gitasav. Dibimbing oleh Dr.YuanitaSetyastuti,M.Si.

Kondisi ketimpangan gender memacu kaum feminisme untuk menciptakan sejumlah gerakan dan agenda yang dapat memberikan kebebasan pada perempuan, salah satunya keputusan childfree. Alasannya tentu beragam, mulai dari perkembangan karier hingga kondisi finansial yang tak mendukung. Gita Savitri adalah salah satu influencer Indonesia yang memilih untuk menganut gaya hidup childfree dan mengaungkan opini dan keputusannya melalui instagramnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menjelaskan seberapa besar pengaruh terpaan konten Instagram pada akun @gitasav terhadap sikap mengenai childfree pada follower. Penelitian ini menggunakan Teori SOR sebagai teori dan menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis kausal yang mana data diperoleh dari kuesioner pada 400 sampel.

Hasil penelitian menyatakan variabel Terpaan Konten Gita Savitri (X) memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,050 pada uji t sehingga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Sikap Tentang Childfree (Y) pada followers akun instagram @gitasav. Hasil tersebut membuat hipotesis penelitian yakni Ha diterima dan H0 hipotesis yang telah disebutkan ditolak. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,334, maka terdapat pengaruh  variabel Terpaan Konten Gita Savitri (X) terhadap Sikap Tentang Childfree (Y) sebesar 33,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Terpaan Konten Gita Savitri Terhadap Sikap Tentang Childfree Pada Follower Akun Instagram @Gitasav, (2) Tingkat Terpaan Konten Gita Savitri Terhadap Sikap Tentang Childfree Pada Follower Akun Instagram @Gitasav sebesar 33,4%.

 

Kata kunci : Instagram, Terpaan Konten, Childfree, Gita Savitri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI