DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI HEAR ME UNTUK MENINGKATKAN PEMBENDAHARAAN KATA PADA SISWA TUNARUNGU DI SLBN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:HAFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-03


Hafifah, 1910127220010. 2023. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Hear Me Untuk Meningkatkan Pembendaharaan Kata Pada Siswa Tunarungu Di SLBN Kota Banjarbaru. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru. Dosen Pembimbing I: Mirnawati, M.Pd. dan Pembimbing II: Dewi Ratih Rapisa, M.Pd.

 

Kata Kunci: Tunarungu, Pembendaharaan Kata, Hear Me

Penelitian ini terkait anak tunarungu yang mengalami permasalahan terhambatnya perkembangan bahasa yaitu pembendaharaan kata yang masih minim dibanding teman sebayanya, sehingga ia sulit dalam berkomunikasi dengan orang lain karena isyarat yang ia gunakan berbeda dengan isyarat yang digunakan pada umumnya. Siswa saat ini duduk di kelas XI SLBN Kota Banjarbaru. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas aplikasi Hear Me dalam meningkatkan pembendaharaan kata pada siswa tunarungu kelas IX di SLBN Kota Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain Pada penelitian ini menggunakan time series design yaitu O1O2O3O4 X O5O6O7O8. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kemampuan siswa.

Hasil penelitian ini yaitu pada pretest O1 sampai dengan O4 diketahui pembendaharaan kata ketiga subjek yaitu dengan rata-rata 27. Artinya, kemampuan awal siswa sebelum diberikan aplikasi Hear Me masih sangat rendah. Pada posttest O5 sampai dengan O8, diperoleh data bahwa pembendaharaan kata ketiga subjek meningkat dengan hasil rata-rata ketiga subjek yang awalnya 27 menjadi 64. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Hear Me efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu dengan signifikasi 5,47 atau > 0,05.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI