DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI SMPN 1 BANJARBARU
PENGARANG:NURUL MAWADDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-03


ABSTRAK

 

Mawaddah, Nurul.2023.Peran Tutor Teman Sebaya Terhadap Anak Tunagrahita pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SMPN 1 Banjarbaru.Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1 : Prof. Dr. Imam Yuwono, M.Pd. Pembimbing 2 : Prof. Dr. H. Amka, M.Si.

Kata Kunci : Tutor Teman Sebaya, Tunagrahita, Pendidikan Inklusi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran tutor sebaya dalam mendukung siswa tunagrahita, guru kelas, guru pendamping khusus, pada kegiatan pembelajaran di kelas. . Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dari peran tutor teman sebaya selama di sekolah untuk meningkatkan pembelajaran. Kegiatan tutor tunagrahita  di daIam keIas maupun di Iuar keIas SMPN 1 Banjarbaru kelas VIII A dan J. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa yang berperan sebagai tutor sebaya, siswa tunagrahita, guru pendamping khusus, dan guru kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.  Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan peran tutor teman sebaya dalam membantu aktivitas belajar siswa tunagrahita yaitu : 1) Peran tutor teman sebaya dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa tunagrahita dikelas VIII SMPN 1 Banjarbaru. 2) Fenomena peran tutor teman sebaya membantu siswa tunagrahita pada pembelajaran olahraga. 3) Fenomena peran tutor teman sebaya membantu siswa tunagrahita pada tugas kelompok dan praktek.     

Kata Kunci : Tutor Teman Sebaya, Tunagrahita, Pendidikan Inklusi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI