DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA PGRI 1 BANJARBARU
PENGARANG:AULIYA AZIZAH KARATLAU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-03


Efektivitas Penerapan ModelPembelajaranCooperative Scriptdalam MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru.Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan Kurikulum 2013 yang mengharuskan siswauntuk aktifdan mengkonstruksi   pikiran   mereka   berdasarkan   materi   yang   diberikandengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiefektivitas model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru. Penelitian ini berjenis pre-experiment dengan rancangan one group pre-test post-test design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas saja yaitu kelas X IPS yang berisi 16 orang siswa yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.  Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-Gain. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan hipotesis, didapatkan hasil berupa Ha diterima dan Ho Ditolak.Artinya penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative script efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru Nilai 0,56 x 100% memberikan hasil yang menyatakan bahwa model pembelajaran cooperative script mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru sebesar 56%. 

Efektivitas Penerapan ModelPembelajaranCooperative Scriptdalam MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru.Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan Kurikulum 2013 yang mengharuskan siswauntuk aktifdan mengkonstruksi   pikiran   mereka   berdasarkan   materi   yang   diberikandengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiefektivitas model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru. Penelitian ini berjenis pre-experiment dengan rancangan one group pre-test post-test design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas saja yaitu kelas X IPS yang berisi 16 orang siswa yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.  Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-Gain. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan hipotesis, didapatkan hasil berupa Ha diterima dan Ho Ditolak.Artinya penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative script efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru Nilai 0,56 x 100% memberikan hasil yang menyatakan bahwa model pembelajaran cooperative script mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA PGRI 1 Banjarbaru sebesar 56%. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI