DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN SIKAP KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN DANA PENSIUN PROGRAM MANFAAT PASTI DI INDONESIA
PENGARANG:Sumaryanto
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-04


ABSTRAKSI

 

Sumaryanto (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Sikap Keuangan Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Dana Pensiun Program Manfaat Pasti di Indonesia. Dosen Pembimbing 1: Dr. H. Fahmi Rizani, Drs, M. M., Ak, CA, CPA. Dosen Pembimbing 2: Dra. Rasidah, M.Si, Ak, CA.    

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan, dan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan dengan sikap keuangan sebagai variabel mediasi. Literasi keuangan merupakan pengetahuan dalam mengelola keuangan dengan kesadaran untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil terhadap kinerja keuangan pada periode tertentu, namun terkadang dengan adanya peningkatan literasi keuangan yang baik tidak dapat meningkatkan kinerja perusahaan karena perilaku manajer yang tidak etis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (2) menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap sikap keuangan, (3) menguji dan menganalisis pengaruh sikap keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (4) menguji dan menganalisis sikap keuangan memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan.

            Responden Penelitian berasal dari industri Dana Pensiun di Indonesia yang terdaftar di BEI pada tahun 2021 sebanyak 141 Perusahaan Dana Pensiun Program Manfaat Pasti di Indonesia. Data yang dapat digunakan adalah sebanyak 100 kuesioner dalam pengolahan data. Data diolah dengan menggunakan uji reliabilitas dan validitas serta menggunakan analisis regresi linier dengan langkah kausalitas software SPSS versi 22.00 for windows.

Hasil penelitian membuktikan bahwa uji validitas variabel kinerja keuangan, variabel literasi keuangan, dan variabel mediasi sikap keuangan menunjukkan nilai signifikansi positif sebesar 0,00 yang berarti semua pernyataan valid. Pada uji reliabilitas masing-masing variabel dengan item pertanyaan kinerja keuangan dengan nilai 0,721, literasi keuangan dengan nilai 0,896, dan item pertanyaan sikap keuangan dengan nilai 0,625, maka pada nilai aronbach alpha > 0,6 termasuk dari reliabel. Sedangkan pengujian pengaruh mediasi sikap keuangan terhadap hubungan literasi keuangan dengan kinerja keuangan menggunakan analisis regresi linier dengan pengujian hipotesis 1 nilai t hitung sebesar 11,520 > 1,94 yang membuktikan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan Dana Pensiun program manfaat pasti.Hipotesis 3, nilai t hitung sebesar 2,120 > 1,94 yang membuktikan bahwa sikap keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan pada perusahaan Dana Pensiun Program Manfaat Pasti. Hipotesis 4 yang menguji nilai t hitung sebesar 2,935 > 1,94 membuktikan bahwa sikap keuangan memediasi pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan Dana Pensiun Program Manfaat Pasti.

Hal ini berarti semakin tinggi literasi keuangan yang dimiliki manajer perusahaan Dana Pensiun Manfaat Pasti disertai dengan sikap keuangan manajer yang sangat baik, maka kinerja keuangan perusahaan akan semakin baik dan terus meningkat.

 

Kata kunci: Literasi Keuangan, Kinerja Keuangan, dan Sikap Keuangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI