DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 30 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKY AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-04


Rizky Amelia. 2023. Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin. Pembimbing: (1) Akhmad Sugianto, M.Pd; (2) Faisal Rachman, M.Pd.

Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Internet, Prokrastinasi Akademik, Siswa

 

 

Intensitas Penggunaan Internet dapat diartikan sebagai seberapa sering siswa menggunakan internet. Selain memiliki manfaat yang luar biasa positif tetapi juga memiliki dampak yang negatif. Salah satu dampak negatif yaitu siswa dapat melakukan penundaan pengerjaan tugas atau disebut dengan prokrastinasi akademikTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prokrastinasi Akademik pada siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin.

Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Banjarmasin dengan alat pengumpul data berupa angket dengan populasi sebanyak 411 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 203 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu skala Intensitas Penggunaan Internet dan skala Prokrastinasi Akademik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Statistik deskriptif dan Regresi linear sederhana.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk Intensitas Penggunaan Internet (X) terhadap Prokrastinasi Akademik (Y) adalah < 0,001 (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Intensitas Penggunaan Internet terhadap Prokrastinasi Akademik pada siswa SMP Negeri 30 Banjarmasin. Pada peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan untuk memperbanyak dan memperbaharui referensi mengenai variabel yang diteliti, selain itu bagi peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mencari kemungkinan faktor-faktor lain seperti self regulated learning, self efficacy, manajemen waktu, kontrol diri, dukungan dari orang tua, pengaruh teman sebaya dan faktor lain yang lebih besar pengaruhnya terhadap prokrastinasi akademik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI