DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI KONFLIK ANAK DENGAN ORANG TUA PADA KELUARGA BROKEN HOME (Analisis Isi Kualitatif Dalam Film “Ali & Ratu Ratu Queens” Karya Lucky Kuswandi)
PENGARANG:PRASETYA MUHAMMAD FURQAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-04


ABSTRAK

 

PrasetyaMuhammadFurqan.1910414210037.2023.RepresentasiKonflik Anak Dengan Orang Tua Pada Keluarga Broken Home (Analisis IsiKualitatif Dalam Film “Ali & Ratu Ratu Queens” Karya Lucky Kuswandi).Dibawahbimbingan Lalita Hanief.

Film Ali & Ratu-Ratu Queens merupakan film bergenre dramakomediyangdisutradaraiolehLuckyKuswandidanditulisolehGinaS.Noer.Film inidirilisdiNetflixpada17Juni2021.Filminiberhasilmenjadifilm pertama peraih film terfavorit FFI 2021. Penelitian ini dilakukan dengan tujuanuntuk mengetahui bagaimana representasi konflik anak dengan orang tua padakeluargabroken home dalam film“Ali & Ratu-Ratu Queens”.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipepenelitian deskripsitif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melaluidokumentasi, studi literatur, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknikanalisis data Miles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajiandata yang akan dianalisis melalui teknik analisis isi, lalu penarikankesimpulan.Teoriyangdigunakanpadapenelitianiniialahteoriinteraksisimbolik.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapat11sceneyangmengandung representasi konflik anak dengan orang tua pada keluarga brokenhome dalam film Ali & Ratu Ratu Queens dengan kategori fact conflict yang paling sering muncul sebanyak 6kali.Fact conflict disebabkan oleh ada fakta yang disembunyikan dari Ali semenjak ia kecil. Selain itu ada pseudo conflict yang disebabkan oleh perbedaan persepi sebanyak 4 kali, ego conflict yang disebabkan kedua pihak tidak saling mengalah sebanyak 3 kali, serta value conflict yang disebabkan perbedaan nilaidan meta conflict yang disebabkan komunikasi tidak efektif sebanyak 1 kali. Konflik ini dapat dihindari dengan keterbukaan antar anggota keluarga baik anak maupun orang tua.

KataKunci:AnalisisIsi,Film,KonflikAnakdenganOrangTua

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI