DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOSAKATA MENGGUNAKAN METODE STORY TELLING, MODEL PRAKTIK LANGSUNG DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A TK MEKAR SARI DESA AMBAWANG KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:DEVI KRISTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-04


Kristiani, Devi. 2023. “Mengembangkan Kemampuan Kosakata Anak Menggunakan Metode Story Telling, Model Praktek Langsung dan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A TK Mekar Sari Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dr. H. Sakerani. M.Pd.

 

Kata Kunci : Bahasa, Kosakata Anak, Metode Story Telling, Model Praktik Langsung, Media Papan Flanel.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya perkembangan kosakata anak dengan banyak anak yang masih pasif dan kurang responsif dalam berbahasa dan mengungkapkan pendapat seperti memahami cerita dalam menyampaikan pesan tersirat di dalam nya pada anak kelompok A TK Mekar Sari Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Hal ini disebabkan kurangnya perlibatan anak dalam pembelajaran yang terkesan hanya guru yang aktif pada pembelajaran, pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik, tidak menggunakan media, dan tidak menarik usaha pembelajaran yang optimal. Upaya pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik menggunakan Metode Story Telling, Model Praktik Langsung dan Media Papan Flanel. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan bahasa anak dalam mengembangkan kosakata anak dengan metode story telling, model praktik langsung dan media papan flanel.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke-1 dengan skor 18 kategori “Cukup”, pertemuan ke-2 dengan skor 19 kategori “Cukup”, pertemuan ke-3 dengan skor 25 kategori “Baik”, dan pada pertemuan ke-4 dengan skor 31 kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan ke-1 dengan presentase 20% kategori “ Kurang”, pertemuan ke-2 dengan persentase 30% kategori “Kurang, pertemuan ke-3 dengan persentase 80% kategori “Aktif”, dan pada pertemuan ke-4 dengan persentase 100% kategori “Sangat Aktif”. Dan hasil perkembangan bahasa anak dalam mengembangkan kosakata anak menggunakan metode story telling, model praktik langsung dan media papan flanel pada pertemuan 1 dengan persentase 30% kriteria “BB”, pertemuan 2 dengan persentase 40% Kriteria “MB”, pertemuan 3 persentase 70% kriteria “BSH”, dan pertemuan 4 persentase 100% kriteria “BSB”.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Story Telling, model Praktik Langsung dan media Papan Flanel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan bagi guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan dan informasi dalam memilih model pembela

jaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI